Selasa, 06 Desember 2016

File Sharing

Introduction File Sharing


Assalamualikum wr wb

Semangat pagi semuanya , pada kesempatan kali ini saya ingin mereview dan sedikit sharing tentang video yang berdurasi 44 menit dan membahas tentang Introduction to file sharing dari channel  youtube Eli The Computer Guy. Semoga dari review ini dapat membantu kalian yang ingin membangun layanan file sharing.


Di zaman sekarang, file sharing bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang akan kita bahas pertama adalah permission dimana hal ini penting untuk memberikan hak akses terhadap file yang akan di sharing. Permission yang pertama adalah READ (R) yang berarti kita dapat membuka dan membaca file tersebut, yang kedua adalah WRITE (W) yang berarti kita dapat membuka dan mengedit file tersebut. Dan yang ketiga adalah EXECUTE (X), jika suatu file berbentuk script seperti script PHP, jika kita tidak memberi permission EXECUTE maka file script tersebut tidak akan dapat bekerja. Jika suatu file memiliki permission RWX maka file tersebut dapat dibaca,ditulis dan dieksekusi , jika permission RW- maka file tersebut hanya dapat dibaca dan ditulis , dan lain-lainnya.

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk sharing file kita dapat menggunakan SMB (server Message Block). SMB merupakan tipe dari file sharing yang digunakan ketika kita sharing file di dalam di dalam jaringan lokal. SMB memiliki beberapa keunggulan seperti ketika kita sedang membuka/menggunakan original file tersebut maka user lain tidak dapat mengakses file tersebut (block) dan ketika kita mengedit file tersebut maka file tersebut secara otomatis tersimpan di server. Dan tipe file sharing selanjutnya adalah syncronitation file, cara kerja dari sinkronisasi file adalah ketika kita membuka file dan mengedit file tersebut maka file yang diedit adalah copy-an dari file original dan ketika kita selesai mengedit file tersebut maka file original akan berubah menjadi file copy yang telah di edit. tipe lain yang ada dalam file sharing adalah library, library akan memberikan tanda ketika file sedang di akses (check out) sehingga user lain tidak dapat mengakses file tersebut dan user lain harus menunggu hingga file tersebut selesai di edit (check in). Dan tipe file sharing yang terakhir adalah Real Time Colaboration, di dalam RTC suatu file sharing dapat diakses oleh banyak user secara bersamaan dan semua user tersebut dapat mengedit file tersebut secara bersamaan pula.

Kita dapat menggunakan sharing file dengan web services. Di dalam web service kita akan menggunakan FTP (File Transfer Protocol) untuk menjalankan sharing file dan juga menggunakan tipe-tipe dari file sharing yang telah di jelaskan diatas. Dan dengan FTP kita dapat men-download dan meng-upload file ke dalam server.

Kita juga dapat menggunakan workgroup untuk membuat file sharing dimana tipe yang di gunakan adalah SMB. Selain itu kita dapat menggunakan domain yang dimana didalam domain ada domain controller yang mengecek apa hak akses yang di berikan ke user dan juga memberikan keamanan data dan informasi ke user


Dan menurut saya file sharing ini memberikan kemudahan bagi kita untuk berbagi file ke pihak banyak sehingga dapat lebih aman dan menghemat waktu kita. Untuk membangun file sharing yang baik menurut saya, dapat mengkombinasikan FTP, workgroup, web service dan domain sehingga layanan file sharing yang kita bangun akan lebih optimal dan mudah dalam pengaksesannya. Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa tujuan dari file sharing ini untuk mempermudah dan menghemat waktu dalam hal berbagi file ke pihak lain.

Menurut saya video ini banyak memberi pengetahuan bagi kita tentang file sharing, dengan kemudahan dan kenyamanan yang di berikan dari teknik file sharing ini. Kalau dilihat dari videonya penjelasan yang diberikan cukup detail dan juga memberikan gambaran-gambaran sehingga tidak hanya sebatas teori-teori saja. Sekian review video dari saya, semoga dapat review video ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

Github Account : muhammadnuim
URL Video        : https://www.youtube.com/watch?v=uFQhawnWOrI&t=1s (44:01 menit)
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 06 December 2016
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 06 December 2016

0 komentar:

Posting Komentar