Rabu, 07 Desember 2016

RAIDS

RAID0,RAID1,RAID5,RAID6 and RAID10

Assalamualikum wr wb

Semangat pagi semuanya , setelah sebelumnya saya mereview tentang File Sharing, pada kesempatan kali ini saya ingin mereview dan sedikit sharing tentang video Asher Dallas Lecture-RAIDS 101-RAID 0 vs RAID 1 vs RAID 5 vs RAID 6 vs RAID 10by J Martinez  dari Channel Asher collage. Semoga dari review ini dapat membantu kalian yang ingin membangun sebuah datacenter yang optimal dan tentunnya sesuai dengan kebutuhan kalian.


Pertama kita mulai dari RAID 0, Raid 0 adalah tipe raid yang paling cepat karena menggunakan stripping yaitu data akan dipecah menjadi block-block sebanyak harddrive yang tersedia jadi hal ini membuat RAID 0 menjadi yang tercepat. Tetapi pada RAID 0 tidak terdapat fault tolerance yang berarti salah satu block data corrupt maka data tersebut tidak dapat digunakan. Salah satu yang dapat diunggulkan pada RAID 0 adalah peformanya yang sangat kencang. Fault Tolerance adalah ketika terjadi masalah pada storage seperti kehilangan data dan lain-lain  maka dengan adanya fault tolerance ini dapat menghindari masalah tersebut yang bekerja secara redundancy.


Yang kedua ada RAID 1, RAID 1 adalah tipe raid yang menggunakan mirroring yang berarti raid tipe ini memiliki backup data, untuk dari peformanya raid 1 tidaklah cepat dan tidaklah lambat juga jadi bisa dibilang kalau raid 1 peformanya biasa saja. Jadi data copy dari original data (backup) dilakukan bersamaan ketika data di masukkan kedalah harddrive yang menggunakan RAID 1. Kekurangan dari RAID 1 ini adalah ketika salah 1 harddrive failed maka kita harus mengganti harddrive tersebut dan memcopy kan file yang ada di backup storage dan tentunya hal tersebut akan memakan waktu yang akan sangat lama.

Selanjutnya ada RAID 5, RAID 5 adalah tipe raid yang memiliki peforma yang cepat karena menggunakan stripping sama seperti RAID 0 tetapi RAID 5 memiliki parity. Parity bertindak sebagai fault tolerance untuk RAID 5. Dimana parity merupakan hasil compress data dari data original dan hasil compress data tersebut disebar ke semua harddrive yang ada. Dengan adanya parity data ini maka kita dapat mengembalikan data original yang hilang. Parity hanya dapat membackup data apabila harddrive yang fail hanya 1 harddrive lebih dari itu tidak dapat membackup data lagi. Untuk pemakaian harddrive parity akan memakan 1 harddrive jika di satukan menjadi satu dari parity yang telah tersebar ke seluruh harddrive.

Kemudian ada RAID 6, RAID 6 tipe raid yang memiliki peforma yang cepat karena menggunakan stripping sama seperti RAID 0 tetapi RAID 6  memiliki double parity untuk fault tolerance. Yang dimaksud dengan double parity adalah parity memiliki backup di 1 harddrive jadi 1 harddrive diisi hanya dengan parity dan ada juga parity yang tersebar di semua harddrive. Fail harddrive yang dapat di atasi oleh RAID 6 adalah hanya 2 Harddrive lebih dari itu tidak dapat diatasi lagi.

Dan terakhir dalam video ini ada RAID 10, RAID 10 adalah tipe raid kombinasi dari RAID 1 dan RAID 0 jadi RAID 10 memakain metode mirroring dan striping. Mirroring bertindak sebagai backup data dan juga sebagai fault mirroring, dan striping yang membuat peforma menjadi cepat. Dan untuk fault tolerance Harddrive yang bisa di tangani adalah maksimal 2 harddrive.


Untuk membangun RAID kita harus memilih motherboard yang support dengan RAID, atau jika motherboard kita tidak support maka kita dapat menambahkan RAID card. Dan untuk software RAID sudah tersedia di dalam Operating system.

Menurut saya video ini dapat memberikan pengetahuan tentang system RAID yang dimana dapat membantu kita dalam hal membangun data center yang baik. Berdasarkan tipe-tipe yang sudah dijelakan tadi kita dapat memilih mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dari data center yang akan kita bangun.

Penyampaian video yang dilakukan sangat menarik, memberikan ilustrasi-ilustrasi dan mengajak para pendengar untuk berpikir dan juga memberikan konsep-konsep sederhana sehingga kita selaku pendengar dapat menerima informasi yang disampaikan. Semoga review dan video ini dapat membantu dan menambah pengetahuan bagi kalian. Sekian dan Terima kasih.

Github Account : muhammadnuim
URL Video        : https://www.youtube.com/watch?v=nxkXNZlJDJc (55:58 menit)
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 07 December 2016
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 07 December 2016

0 komentar:

Posting Komentar